CARA MENANAM CABAI RAWIT YANG BAIK DAN BENAR



Salam semuanya,pada postingan pertama saya ini,saya coba berbagi tentang cara menanam cabai rawit,kenapa cabai rawit? karna jenis tanaman yang satu ini dalam perawatannya sangat mudah dan bisa di tanam di pekarangan rumah yang sempit sekalipun.

 Tanaman yang satu ini memiliki buah yang kecil dan memiliki rasa yang super pedas di bandingkan jenis cabai yang lain seperti,cabai keriting,cabai TW,dll.dan juga tanaman ini selain bisa di ambil buahnya juga bisa di jadikan tanaman hias untuk menambah keindahan pekarangan rumah kita.

  Dan yang akan saya bahas bukan berkebun di area yang besar yang bisa menghasilkan ratusan kilogram,tapi yang kita bahas kali ini adalah menanam cabai hanya sekedar untuk hobi saja dan mengisi waktu luang.

 Langsung saja  untuk memulainya mari kita siapkan bahan-bahan yang di perlukan :

  BAHAN-BAHAN

1. Tanah gembur
2. Pot bunga ukuran sedang,bisa juga di pergunakan yang sejenisnya.
3. Sekam
4. Pupuk kompos
5. Bibit untuk di semai

   CARA MENGOLAH BAHAN

Campurkan tanah,sekam dan pupuk kompos jadi satu, setelah tercampur rata lalu kemudian isikan ke dalam pot bunga yang sudah kita siapkan tadi.

 Setelah terisi penuh kemudian kita siapkan bibit cabai,yaitu berupa biji cabai rawit,untuk mendapatkan pertumbuhan bibit yang optimal,saya sarankan agar biji cabai di rendam dulu dengan air panas kurang lebih satu jam,hal itu di lakukan agar biji cabai lebih cepat menyerap air sehingga nanti cepat tumbuh menjadi kecambah.

 Setelah kita rendam +- 1jam barulah kita tiriskan dan kemudian di tabur di pot yang sudah terisi dengan tanah,tidak usah di taburi tanah lagi di atasnya,biarkan saja biji cabainya terbuka, simpan di tempat yang aman hindari dari gangguan ternak seperti ayam atau piaraan lainya.

Catatan :
Apabila curah hujan cukup tinggi,sebaiknya pot pembibitan jangan di simpan di tempat yang langsung terkena air hujan,akan tetpi sebaiknya ada pelindung di atasnya namun sinar matahari bisa tetap masuk,bisa juga di simpan di teras rumah yang terkena sinar matahari,jangan lupa untuk menyiraminya setiap pagi dan sore,

 Untuk sementara sekian dulu tulisan saya,kita tunggu sampai cabainya tumbuh,dan berukuran kira-kira tinggi 5 cm, nanti kita sambung lagi.

semoga bermanfaat,

2 Responses to "CARA MENANAM CABAI RAWIT YANG BAIK DAN BENAR"