Cara share tautan di Facebook agar mendatangkan manfaat


Apakah Anda sering melihat status orang di facebook dengan membagikan (share) tautan?
Apakah Anda juga termasuk orang yang suka membagikan tautan di media sosial?

Kalau jawabannya "iya" berarti Anda sudah termasuk ke dalam golongan orang yang suka berbagi. Berbagi tidak selalu identik dengan rejeki tetapi berbagi ilmu yang bermanfaat yang Anda miliki atau membagikan Ilmu dari orang lain itu juga di sebut dengan berbagi.

Tentunya dengan berbagi ( share ) Ilmu akan sangat mudah sekali di dapatkan di internet dan efeknya akan mendatangkan manfaat yang besar bagi orang lain asalkan yang kita share adalah sesuatu yang baik dan bermanfaat.

Bagi yang belum tau cara share tautan di facebook,silahkan di ikuti langkah-langkah berikut:

Bula browser

Silahkan buka browser Anda, kita akan menjelajahi Internet.Kemudian masukan kata kunci yang ingin anda cari.



Masuk ke halaman Web/Blog

Setelah Anda mengklik salah satu Website atau blog maka Anda akan di bawa masuk pada satu halaman.



Baca dan jelajahi

Silahkan Anda baca artikel yang ada di halaman tersebut sesuaikan dengan yang Anda ingin ketahui sebelumnya.Atau Anda jelajahi dulu tulisan atau artikel apa aja yang ada di blog tersebut.

Setelah membacanya Anda akan merasakan sendiri apakah artikel yang Anda baca tersebut sudah bisa menjawab kegelisahan Anda atau minimal apa yang anda cari ada di situ.? Kalau belum silahkan kembali dan klik blog yang lainnya.

Setelah Anda menemukan Artikel yang membuat Anda merasa puas atas penjelasannya,dan Anda merasa bahwa orang lain juga perlu tau dengan ilmu yang Anda baca itu,maka silahkan anda share di facebook atau di media sosial lainnya.

Saya ingatkan, sebelum di share ada baiknya anda pertimbangkan dulu apakah artikel tersebut layak untuk di share atau tidak.

Seperti apa artikel yang layak di share?

Saya punya sedikit gambaran.

Berikut kriteria artikel yang layak untuk di share :

1. Mudah di mengerti
2. Bahasannya rinci dan menyeluruh
3. Tidak menyinggung pribadi orang lain tanpa alasan yang jelas
4. Netral

Catatan : Kriteria artikel yang layak di share seperti contoh di atas,itu hanya rujukan saja dari saya sebagai penulis.harapannya agar tautan yang kita share selalu mendatangkan manfaatnya bagi orang lain.

Nah..apabila  Anda sudah merasa yakin bahwa orang lain juga perlu tau tentang artikel yang anda baca itu, maka silahkan Anda membaginya dengan mengklik tombol share yang biasanya ada di akhir   atau di pinggir postingan.




Pilihan tombol share yang seperti contoh di atas adalah :

Google + [ Apabila tombol ini di klik maka otomatis Anda membaginya di akun google Anda]

Facebook like [ Klik tombol ini apabila anda menyukai ( like ) dan otomatis akan muncul pada dinding Facebook Anda.]

Facebook share [ Dengan mengklik tombol ini Anda akan di arahkan ke sebuah halaman konfirmasi,di sini Anda bisa menentukan siapa saja yang akan melihan tautan yang Anda share di facebook. Pilihannya adalah publik,teman,atau anda sendiri.Silahkan di sesuaikan saja.Apabila sukses maka hasilnya seperti ini :



Jangan buru-buru pergi


Setelah Anda telah selesai membaca,kemudian sudah di share apa yang anda baca,saya anjurkan untuk tidak buru-buru pergi atau menutup halaman.

Mengapa?

Karena sebetulnya masih banyak artikel-artikel lain yang tak kalah menariknya dari yang Anda baca di blog tersebut.Pilihannya ada di menu bar letaknya ada di atas sebelum artikel,atau berada di samping artikel yang anda buka.

Seperti ini.

Gambar 1 diatas contoh menu bar di atas .Di ambil dari blog thekusman tentang info teknologi internet


Gambar 2 di atas contoh artikel-artikel lainnnya Anda bisa pilih di bagiab pinggir kanan.Di ambil dari blog bertemakan budidaya.

Mengapa saya menyarankan demikian?

Pengalaman saya saat menjelajah internet."Saya ingin beternak ayam di rumah namun,saya tidak punya keahlian di bidang itu saya benar-benar awam tentang peternakan".Kemudian saya buka internet dan mencari tau tentang "cara ternak ayam" dan ternyata banyak tulisan di situ yang menjelaskan cara ternak ayam.Saya ambil salah satunya yang ternyata begitu saya baca bahasannya sangat lengkap,dari mulai cara membuat kandang ,memilih bibit yang berkualitas,pakan,dan juga cara perawatan.Setelah selesai membaca saya tidak buru-buru pergi melainkan saya jelajahi dulu blog tersebut,dan ternyata,di situ banyak sekali tulisan tentang peternakan dan budidaya.Ada tulisan tentang cara beternak bebek, burung puyuh, burung berkicau dan kambing.Kemudian ada juga tentang cara budidaya ikan air tawar,belut,sidat,dan sejenisnya".

Saya yang awalnya tidak tau tentang peternakan dan hanya tau ayam saja,kini berubah bertambah pengetahuan saya tentang peternakan dan dengan penjelasan yang lugas dan tegas rinci dan menyeluruh serta gaya bahasanya yang menarik  saya pun jadi termotipasi ingin rasanya punya usaha peternakan.Tak hanya itu saya juga merasa nih orang perlu tau juga akan hal ini timbullah niat untuk berbagi (share)

Manfaat share tautan di facebook.

Bicara manfaat tentu saja dengan share ilmu akan mendatangkan manfaat yang besar termasuk share tautan.Asalkan yang Anda share adalah sesuatu yang di yakini akan bermanfaat.

Contoh hal baik untuk di share :

- Di facebook banyak teman menulis status mengeluh sedang sakit.
- Status Anda : memberikan tautan dengan memberi link artikel yang membahas tentang berbagi jenis herbal yang berhasiat.

- Status teman : "kapan ya bisa kaya"?
- Status Anda : tautan tentang artikel cara mendapatkan uang di internet.

- Status teman : "Galau"
- Status Anda  : tautan link artikel tentang bahasan Inspiratif anti galau seperti yang ada di epanemu

Dengan cara seperti itu secara tidak langsung Anda mengarahkan teman agar berpikir positif tentang masalahnya,dan juga berbagi pengetahuan.Di samping itu  Anda juga sudah memberikan kemudahan bagi teman.Dengan cara share tautan di status facebook,nanti teman-teman Anda yang tertarik untuk lanjut membaca next read hanya tinggal klik saja tautan dari Anda tanpa harus mencarinya lewat google. Mudah kan? 

Memberi kemudahan untuk orang lain itu merupakan suatu kebaikan ( ibadah ).

So...Selamat berbagi.

Salam Kusman.




0 Response to "Cara share tautan di Facebook agar mendatangkan manfaat"

Posting Komentar